Dialog Interaktif di TV terbaru beserta penjelasannya

Pengertian Dialog adalah kegiatan berbicara atau bercakap-cakap yang terarah dengan tujuan
tertentu an dilakukan antara dua orang atau lebih.

dialog interaktif Adalah Dialog yang dilakukan antara narasumber di radio atau televisi dan pemirsa atau pendenggar yang membahas tentang suatu hal.

Ada Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimak dialog interaktif di radio atau di televisi adalah sebagai berikut:
a. tema dialog
b. orang yang menjadi narasumber
c. pendapat yang dikemukakan oleh para narasumber
d. hal-hal yang penting atau kesimpulan dialog.

Setelah menyimak dialog, hal yang perlu dilakukan adalah memberikan komentar dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. komentar bersifat objektif dan tidak memihak narasumber maupun peserta.
b. Disertai fakta-fakta yang akurat dan meyakinkan
c. Disertai alasan yang logis

Hal-hal yang perlu dikomentari dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut :
a. penting atau tidaknya tema dialog
b. kemampuan dan penguasaan para narasumber terhadap materi yang dibicarakan
c. relevan atau tidaknya pertanyaan peserta dialog terhadap pertanyaan dialog
d. benar atau tidsknya jawaban atau tanggapan narasumber atas pertanyaan atau pendapat peserta dialog.
Isi dialog dapat diketahui dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara atau wartawan.

Biasanya jika diberi tugas membuat Dialog Interaktif acara dan tema dialognya harus yang terbaru karena itu
silahkan pahami penjelasan diatas agar lebih mudah membuatnya dengan mengikuti acara2 dialog interaktif yang ada saat ini

Berikut Adalah Contoh Dialog Interaktif di televisi

Nama acara TV    : Apa Kabar Indonesia Malam
Waktu Tayang     : 19.30 WIB
Nama stasiun TV : TV One
Pemandu               : Muhammad Rizky
Penanya                : Muhammad Rizky
Interaksi pemirsa   : Aditya deny (21 th,jakarta)
Narasumber          : Aji S. Jumena



Pertanyaan-pertanyaan penting yang di
tayangkan penanya/pemandu. dan Jawaban narasumber dari pertanyaan
penanya.

P : Bagaimana anda bisa selamat dalam kejadian
World Trade Center?

N :  Saya belum berangkat waktu itu. Sebelumnyasaya selesaikan pekerjaan saya hingga pukul02.00 petang. Saya tidur hanya 2 jam waktu itu ,paginya saat saya ingin berangkat bekerjatepatnya pukul 08.15 pagi, saya mendengar beritaada kejadian di kantor saya. Saya pun tidak jadiberangkat bekerja.


P  : Yang anda tahu ada berapa warga indonesia
yang bekerja di sana?

N :  Yang saya tau, ada sekitar 9 warga indonesia
yang pada saat itu bekerja di World Trade Center.


P : Apakah sampai sekarang anda masih bekerja di
sana?

N : Iya pak, sampai sekarang saya masih bekerja di
World Trade Center akan tetapi bertempat di lokasi
yang berbeda lokasinya sekitar 3 blok dari gedung
World Trade Center.

P : Apakah dengan kejadian ini anda menjadi trauma
untuk pergi ke kantor?

N : Iya jelas pak saya trauma, saya bersyukur waktu
itu bisa selamat dari kejadian World Trade Center
dan saya termasuk yang beruntung karena tidak
sempat bekerja ke kantor.

Hal – hal penting yang dikemukakan
pemirsa / penonton di studio dan Jawaban narasumber dari pertanyaan
penanya.

(oleh Aditya deny (21 th,jakarta)
P : Apakah ada patner anda dari indonesia yangmenjadi korban?N ; Tidak ada pak, saya mendapat kabar dariorang-orang yang bekerja di World TradeCenter dan teman saya sendiri bahwawarga indonesia yang bekerja waktu ituselamat semua.

P  : Bagaimana keadaan di sekitar World Trade
Center setelah ditabrak pesawat?

N : Saya tidak mengetahui persis keadaan di
sana karena saya hanya berdiam di rumah
pada waktu itu pak. 

Topik dialog interaktif : Penyerangan Teroris
ke gedung World Trade Center.

Tema dialog interaktif : Teroris

BACA SELENGKAPNYA...
Description: Dialog Interaktif di TV terbaru beserta penjelasannya Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Dialog Interaktif di TV terbaru beserta penjelasannya


ARTIKEL TERKAIT:

ket: *Orange = belum dibaca | *Biru = sudah dibaca


0 Komentar untuk "Dialog Interaktif di TV terbaru beserta penjelasannya"
Back To Top